Rabu, 21 Juni 2017

Surabaya: Kota Inspiratif 60 Tahun Astra

sumber: surabaya.initu.id

Jika ada kota di Indonesia yang mengalami perubahan paling cepat dalam sepuluh tahun terakhir, tidak salah jika mengatakan bahwa kota itu adalah Surabaya. Ibukota provinsi paling timur Pulau Jawa ini mendapat perhatian luas dengan kemajuan-kemajuan yang dialaminya.


Perubahan Surabaya secara fisik sungguh nyata terlihat jika kita mengitari jalan-jalan Surabaya, mulai jalan utama sampai ke gang tempat perkumiman perkampungan kota berpusat. Jalan-jalan terasa lebih bersih dan indah. Tidak salah jika Surabaya telah meraih Adipura Paripurna untuk kota metropolitan setahun lalu. Penghargaan itu bahkan diraih selama tujuh tahun berturut-turut. 
Kebersihan dan keindahan Kota Surabaya tidak diragukan lagi. Bukan hanya bersih dan indah, tetapi Surabaya sudah berhasil mengelola sampah akhir menjadi sumber energi.

Kemajuan lain yang terasa bagi masyarakat ialah konsep Smart City yang sedang digalak-galakkan di Kota Surabaya. Mula-mula Surabaya mengembangkan e-government untuk memudahkan pelayanan ke masyarakat. Dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, masyarakat Surabaya sudah merasa lebih mudah untuk berinteraksi dengan aparat yang bertugas. Pelayanan administrasi dan sejenisnya menjadi lebih mudah, nyaman, dan cepat.

Selain di bidang pemerintahan, Smart City juga sudah dikembangkan untuk pelayanan kesehatan dan transportasi. CCTV di sudut-sudut jalan Surabaya sudah tersebar dan memantau 24 jam jalanan kota. Kehadiran CCTV ini sangat bermanfaat untuk pengaturan lalu lintas dan untuk keamanan warga kota. CCTV ini dipantau sehari semalam oleh petugas yang berjaga khusus di ruang kendali.

Perubahan lain terlihat dengan hadirnya banyak taman di Surabaya. Kota metropolis ini semakin dikenal sebagai kota taman. Kehadiran taman ini membuat warga sungguh betah tinggal di kota. Dengan adanya taman, warga kota lebih nyaman untuk berinteraksi dan bersosialisasi. Di taman, mereka bisa bertemu, berbincang, atau pun sekadar berolahraga. Taman-taman kota ini sekaligus sebagai obat stres bagi warga yang sudah seharian sibuk dengan pekerjaan. Dengan demikian, warga kota Surabaya menjadi lebih sehat dan segar.

Kampung-kampung kota di Surabaya tidak dianggap sebagai masalah kota, melainkan tantangan untuk menata kota menjadi lebih baik. Kampung kota yang bagi kota lain ingin digusur, justru dipertahankan dan dibuat indah di Kota Surabaya. Hal ini yang didukung oleh Astra Internasional sehingga sejak 2014 bekerja sama dengan pemerintah Kota Surabaya membangun kampung yang dinamakan KAMPUNG BERSERI ASTRA.

sumber tribunnews.com

Kampung Berseri Astra berada di Kampung Keputih, Tegal Timur, Surabaya. Kampung Berseri Astra merupakan kontribusi sosial yang nyata Astra Internasional terhadap masyarakat dan Indonesia secara umum. Alhasil, kampung yang dulu dianggap kumuh ini sekarang berubah menjadi kampung yang asri. Masyarakat juga diberdayakan secara sosial dan ekonomi. Tidak berlebihan jika dikatakan kampung inilah Inspirasi 60 Tahun Astra untuk kota Surabaya yang inspiratif.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar